sweet Teknologi Penghemat Bahan bakar pada mobil mantab

sweet   Teknologi Penghemat Bahan bakar pada mobil mantab - terbaru memuaskan sekali ada dari sweet   Teknologi Penghemat Bahan bakar pada mobil mantab.
save the earth
save the earth
Teknologi tidak dipungkiri membawa manusia ke era komputer dan semakin canggih, penciptaan teknologi baru untuk mewujudkan peradaban manusia yang lebih membumi dan mempermudah kehidupan. Ini juga berlaku pada kendaraan mobil, dimana komponen-komponen berteknologi canggih mulai diaplikasikan pada mobil. Salah satunya adalah teknologi pada komponen alternator dan kompressor AC. Tujuannya adalah supaya mobil bekerja lebih efisien dan lebih irit bahan bakar. salah satu teknologinya adalah pada komponen alternator dan kompressor AC.
Yang pertama adalah alternator, tugas alternator sejatinya adalah untuk menghasilkan arus ke sistem kelistrikan mobil dan alternator ini terus berputar sesuai dengan putaran mesin. Jadi alternator bekerja berdasarkan sumber dari tenaga mesin, dengan kata lain ada tenaga mesin yang digunakan untuk menggerakkan alternator. Semakin tinggi putaran mesin alternator akan menyuplai arus lebih deras ke aki. Nah dengan bantuan komputer dan teknologi alternator ini bisa dibuat dan diatur sesuai dengan kebutuhan mesin, yaitu salah satunya dengan menggunakan bearing yang tetap berputar kencang meskipun putaran mesin turun, sehingga suplai listrik tetap maksimal tetapi mesin tidak bekerja dalam putaran tinggi yang tentu akan lebih boros BBM. Kemudian adanya teknologi seperti KERS pada F1 yaitu alternator akan mencharge aki pada saat deselerasi. Sehingga tenaga mesin tidak terbuang percuma, kemudian adanya sensor pada aki yang menjaga aki terisi tetap pada posisi minimal 70% sampai 90%. Bila kurang dari itu maka mobil tidak akan bisa distarter.
Komponen kedua adalah kompressor AC, tidak dipungkiri AC merupakan salah satu komponen yang menyedot tenaga mesin. Bisa dirasakan pada saat berakselerasi dan berjalan pada saat kondisi AC hidup dan AC mati. Bila AC mati tenaga mesin dirasakan lebih powerfull, bila AC hidup tenaga mesin kurang bertenaga. Kondisi ini jelas sangat mempengaruhi konsumsi BBM pada mobil, bila mau dites silahkan mengendarai mobil pada kondisi AC hidup dan AC mati dan ukur konsumsi BBMnya. Nah untuk mengatasi hal tersebut dan membantu supaya mobil lebih irit maka dibuatlah teknologi kompressor dengan electric control valve. Kemudian perbedaan ‘jeroan’ pada kompresor yaitu dengan penggunaan plat bukan piston lagi. Jadi sistemnya bukan maju mundur lagi untuk menekan freon tetapi berubah menjadi sistem geser. Desain ini jelas lebih efisien karena komponen kompresor AC jadi berkurang, efeknya adalah kompresor kinerjanya lebih ringan, beratnya lebih ringan dan tidak terlalu membebani mesin. Kemudian karena sudah elektric maka kompresor diatur secara penuh oleh ECU, dari katup kontrolnya, pengatur plat penekan beserta tekanan solenoidnya. Jangan lupa ECU tentu akan mengatur kompresor berdasarkan ‘masukan’ sensor lain, sehingga jelas mesin akan bekerja efisien karena berkurang bebannya dan jelas konsumsi bbm akan lebih irit.