sweet Seputar Perawatan Busi Motor mantab

sweet   Seputar Perawatan Busi Motor mantab - terbaru memuaskan sekali ada dari sweet   Seputar Perawatan Busi Motor mantab.
busi
busi
Pasti tau yang namanya busi, paling ngga pernah denger kata-kata busi.  Busi merupakan part yang penting dalam sebuah mesin yang menggunakan prinsip pembakaran. Busi inilah yang bertugas meledakkan dan memercikan api dalam ruang bahan bakar, sehingga ledakan tersebut dapat menggerakan piston dan menghasilkan tenaga. Oh iya prinsip dasar mesin adalah dengan mengkombinasikan udara, bahan bakar dan api. Jadi semuanya saling berkaitan dan melengkapi, tugas busi tentu saja di bidang pengapian. Kadang karena harganya murah dan bentuknya yang kecil orang jadi cuek terhadap busi ini dan tidak melakukan perawatan yang ‘sepantasnya’. Oke kita mulai mengenal cara merawat busi yang baik dan benar.
Busi sebenarnya mempunyai umur yang panjang dan minim perawatan, tetapi kadang pemilik/mekanik yang salah perlakuan terhadap busi atau memperlakukan busi sembarangan. Hal yang mendasar adalah pada saat servis motor, pasti busi dicabut dari mesin dilihat, distel dan dibersihkan. Hal utama adalah menyetel celah kepala busi, kemudian busi dibersihkan. Untuk menyetel celah busi sebaiknya dilakukan sesuai standar pabrikan dan distel secara presisi, karena salah sedikit saja akan langsung mempengaruhi kondisi motor, simplenya motor bisa menjadi boros dan tidak bertenaga dikarenakan penyetelan celah busi yang salah. khusus bagian kepala busi biasanya dibersihkan menggunakan ampelas karena adanya carbon yang menempel pada center eletroda, nah perlakuan yang salah adalah mengampelas bagian atas dari center eletroda yaitu bagian ujung dari warna putih pada busi ada logan yang menonjol, hal tersebut tidak dianjurkan karena bagian tersebut memang didesain rata dari pabrik, bila diampelas ditakutkan bagian tersebut tidak rata dan mengganggu kinerja busi, yang benar adalah mengampelas bagian bawah ground elektrode yang menghadap langsung ke center elektrode yaitu sebuah lengkung besi yang menghadap kebawah. Jgn lupa untuk memakai ampelas yang halus.
Pembersihan berikutnya adalah bagian insulator yaitu bagian yang berwarna putih yang mempunyai celah di sekelilingnya, sebaiknya dibersihkan menggunakan kawat saja, dan dihindari membersihkan menggunakan bensin dan minyak tanah. Karena malah akan membuat penumpukan karbon pada celah tersebut dan menjadi lebih cepat kotor.
Yang ga kalah penting adalah pada saat membuka busi dan tutup busi sebaiknya pada saat kondisi mesin agak dingin, karena dikhawatirkan bila membuka pada saat mesin panas drat-drat busi akan sleg dan tidak presisi. Nah ini masalah yang kerap terjadi dan sepele, yaitu pemilihan busi dan pergantian busi. Sebaiknya tetap mengacu pada kode busi standar pabrikan(kecuali motor sudah dimodifikasi mesinnya), karena bila salah pilih busi efeknya bisa langsung ke mesin atau ke businya. Busi cepet mati, mesin ndut2an dll. Ini terbukti pada motor vixion saya..:)