sweet Seputar Perawatan Busi Motor mantab - terbaru memuaskan sekali ada dari sweet Seputar Perawatan Busi Motor mantab.
Pasti tau yang namanya busi, paling ngga pernah denger kata-kata
busi. Busi merupakan part yang penting dalam sebuah mesin yang
menggunakan prinsip pembakaran. Busi inilah yang bertugas meledakkan dan
memercikan api dalam ruang bahan bakar, sehingga ledakan tersebut dapat
menggerakan piston dan menghasilkan tenaga. Oh iya prinsip dasar mesin
adalah dengan mengkombinasikan udara, bahan bakar dan api. Jadi semuanya
saling berkaitan dan melengkapi, tugas busi tentu saja di bidang
pengapian. Kadang karena harganya murah dan bentuknya yang kecil orang
jadi cuek terhadap busi ini dan tidak melakukan perawatan yang
‘sepantasnya’. Oke kita mulai mengenal cara merawat busi yang baik dan
benar.
Busi sebenarnya mempunyai umur yang panjang dan minim perawatan,
tetapi kadang pemilik/mekanik yang salah perlakuan terhadap busi atau
memperlakukan busi sembarangan. Hal yang mendasar adalah pada saat
servis motor, pasti busi dicabut dari mesin dilihat, distel dan
dibersihkan. Hal utama adalah menyetel celah kepala busi, kemudian busi
dibersihkan. Untuk menyetel celah busi sebaiknya dilakukan sesuai
standar pabrikan dan distel secara presisi, karena salah sedikit saja
akan langsung mempengaruhi kondisi motor, simplenya motor bisa menjadi
boros dan tidak bertenaga dikarenakan penyetelan celah busi yang salah.
khusus bagian kepala busi biasanya dibersihkan menggunakan ampelas
karena adanya carbon yang menempel pada center eletroda, nah perlakuan
yang salah adalah mengampelas bagian atas dari center eletroda yaitu
bagian ujung dari warna putih pada busi ada logan yang menonjol, hal
tersebut tidak dianjurkan karena bagian tersebut memang didesain rata
dari pabrik, bila diampelas ditakutkan bagian tersebut tidak rata dan
mengganggu kinerja busi, yang benar adalah mengampelas bagian bawah
ground elektrode yang menghadap langsung ke center elektrode yaitu
sebuah lengkung besi yang menghadap kebawah. Jgn lupa untuk memakai
ampelas yang halus.
Pembersihan berikutnya adalah bagian insulator yaitu bagian yang
berwarna putih yang mempunyai celah di sekelilingnya, sebaiknya
dibersihkan menggunakan kawat saja, dan dihindari membersihkan
menggunakan bensin dan minyak tanah. Karena malah akan membuat
penumpukan karbon pada celah tersebut dan menjadi lebih cepat kotor.
Yang ga kalah penting adalah pada saat membuka busi dan tutup busi
sebaiknya pada saat kondisi mesin agak dingin, karena dikhawatirkan bila
membuka pada saat mesin panas drat-drat busi akan sleg dan tidak
presisi. Nah ini masalah yang kerap terjadi dan sepele, yaitu pemilihan
busi dan pergantian busi. Sebaiknya tetap mengacu pada kode busi standar
pabrikan(kecuali motor sudah dimodifikasi mesinnya), karena bila salah
pilih busi efeknya bisa langsung ke mesin atau ke businya. Busi cepet
mati, mesin ndut2an dll. Ini terbukti pada motor vixion saya..:)