sweet Dumper Kopling Smash 110, Model Pegas dan Cara Gantinya mantab

sweet Dumper Kopling Smash 110, Model Pegas dan Cara Gantinya mantab - terbaru memuaskan sekali ada dari sweet Dumper Kopling Smash 110, Model Pegas dan Cara Gantinya mantab.
Umumnya dumper yang terpasang di antara rumah kopling dan gir sekunderterbuat karet khusus. Seperti dumper di Honda Supra series, GL hingga Tiger series. Bahkan Yamaha Scorpio dan V-ixion pun menggunakan jenis karet meski bentuknya berbeda.

Tapi, selain material karet khusus yang pernah kita tahu, pabrikan Suzuki melansir dumper dengan jenis dan desain berbeda. Pasalnya komponen peredam kejut dan getar rumah kopling di dalam mesin Suzuki Smash 110, malah pakai pegas yang terpasang di lokasi sama.

Namun baik dumper karet atau pegas sebetulnya sama-sama punya tugas dan fungsi sama. Fungsinya meredam getar sekaligus entakan pada saat mangkuk kampas kopling dapat daya putar kruk-as sebelum dialirkan ke rumah kopling.

“Makanya kalau karet atau per dumper sudah lemah, pasti sering dengar suara bising di bak mesin. Dan suara desing akan hilang pada saat tuas kopling (sport) atau tuas persneling (bebek) ditekan. Sebab pada saat ditekan, semua komponen di rumah kopling makin rapat dan presisi,” ucap Hendro Saputro, tunner HDR M-Tech.

Ganti dumper dari bahan karet di motor mungkin sudah biasa. Tapi, gimana kalo yang lemah itu dumper dari per? Sebab secara bentuk dan model sudah beda dan hanya ada di merek motor tertentu seperti di Smash 110.

“Sama aja sih cara gantinya. Rumah kopling dan gir skunder yang di paku keling dilepas dulu. Nah, saat deteksi per sudah lemah malah lebih mudah, lantaran bisa dicek dari balik rumah kopling kelonggarannya. Kalau ada yang oblak, ganti deh dengan per baru,” imbuh Hendro dari Jl. Raya Tapos Cibinong, Cimpaeun, Tapos, Depok.

Untuk menggantinya, pegas berjumlah 6 itu bisa beli di bengkel resmi Suzuki atau toko onderdil. Harganya per paket berkisar Rp 50 ribuan. Kalau mau cepat bongkar dan pasangnya, mending langsung bawa ke bengkel bubut yang memang tersedia alat-alatnya.

Oh iya, kalau sulit cari pegas tersebut, saran Hendro bisa pakai per kopling Yamaha Jupiter-Z. Per Jupiter-Z lalu di potong hingga jaraknya sekitar 18~19 mm, atau minimal tidak oblak saat dipasang di rumah kopling biar tetap menekan.

“Tapi, pakai per kopling Jupiter-Z 3 aja. Lalu yang 3 lagi tetap aslinya cuma mesti diregangkan agar daya tekannya kembali sempurna,” wanti Hendro yang biasa kulik mesin.

Gejala kerakan dumper, kalau di motor sport ngeceknya gampang. Kalau tuas kopling ditarik dan suara berisik dari bak kopling kanan hilang, dipastikan dumper rusak. Tapi, kalau di Smash bisa didengarkan jika suara berisik dari bak kopling ketika langsam. (motorplus-online.com)