Modif Toyota Kijang Innova 2.5 G A/T 313 DK hitam moman - terbaru sekali dari Modif Toyota Kijang Innova 2.5 G A/T 313 DK hitam moman.
TURBO WATER COOLED
Ternyata benar dugaan kalau isi perut pencerna tenaga sudah ‘diobok-obok’ tak karuan. Rupanya Dave salah satu pecinta diesel yang terbius upgrade performa peminum solar yang kian digandrungi speed lover ibukota.
Uniknya, pemukim bilangan Blok M, Jaksel ini ogah terlalu ekstrem. “Yang penting aman buat harian,” tegasnya kepada Rudi Irawan, juragan bengkel Espe’el di Daan Mogot, Jakbar. Namun pilihan tetap pada penggantian pemampat udara. “Soalnya turbo asli cuma mentok di 1,2 bar,” lanjut Dave.
Solusi Rudi adalah mencangkok turbo IHI yang sudah dicustom oleh PowerLab, Thailand. Rumah keong ini mampu bekerja menghasilkan tekanan lebih tinggi lagi hingga 3 bar. Penggantian turbo inilah yang bikin kelihatan ruang mesin sudah diobok-obok.
Turbonya sendiri perlu adaptor dari exhaust manifold asli. Sedangkan paket turbo ini datang berikut injektor custom juga dari Power Lab. Tentunya juga dengan pengaturan ECU ulang pakai piggyback PowerLab DMS dan FPC2 khusus buat mesin 2KD-FTV andalan Innova.
Pengaturan ulang itu perlu mengingat setting turbo sudah diatur ulang pakai boost controller Turbosmart pada 24 psi atau sekitar 1,7 bar. Tendangan sekuat itu masih sempat didinginkan dengan intercooler Sub Zero dan tambah padat dengan water methanol injection (WMI) Cooling Mist.
Dengan boost segitu, catatan Dastek Dynamometer mencapai 313,2 dk/4.000 rpm dengan torsi hingga 583,1 Nm/3.500 rpm! Angka segitu cukup untuk menjaga safety buat mesin. “Kemarin sempat coba sampai 28 psi, masih bisa dan lebih enak,” seru Dave.
Sayangnya, masih belum didukung peranti pengurang laju mumpuni. Ban 225/70R15 pun meski cukup lebar kurang cengkeraman karena model AT (all terrain) khas SUV. Toh, Dave cukup puas dengan kondisi ini. Jadi, kapan kita ke pasar bareng, nih? (mobil.otomotifnet.com)