Modif Honda Civic Estilo 1995 simple - terbaru meuaskan sekali dari Modif Honda Civic Estilo 1995 simple.
JAKARTA - Dulu sempat
pakai Honda Civic Nova sewaktu masih zaman kuliah di Trisakti," senyum
Richard Herlambang Wahyudi mengawali cerita. Beruntung 2,5 tahun yang
lalu dirinya ditawari Honda Civic Estilo lansiran 1995 kepunyaan teman.
Langsung
saja deal dan mobil segera dibawa ke bengkel rujukan untuk direstorasi
lalu dimodifikasi. "Ini proyek iseng untuk nostalgia, bedanya dulu waktu
pake Nova malah pasang rollbar segala, Kalau sekarang enggak lah, kan
buat harian, malu juga dikira ABG nanti hahaha," tawa pria yang mengaku
sudah berumur 42 tahun ini.
Karena dari awal punya rencana perombakan, Hardy Halim dari
bengkel Top-Setup Auto Mechanic ditemui. Kebetulan keduanya sama-sama
gemar mobil-mobil kompetisi keluaran Honda. Modifikasinya dilakukan
secara bertahap, referensi hasil modifikasi Negeri Paman Sam dijadikan
rujukan.
Mengingat usia mobil yang sudah cukup berumur, hampir
semua sektor dilakukan penyegaran. Cat asli kelir polar blue sengaja
dipertahankan, namun karena sudah kusam langkah mengecat ulang ditempuh.
Sebagai pemanis dan penguat karakter, peranti bodi keluaran Spoon Sport
diimbuhi.
Seperti front lips bumper, spion dan wing. Begitu juga di kabin
yang sudah kental aura street racing. Berbagai ornamen khas kompetisi
dilekatkan. Paling ekstrem tentunya ada di sektor dapur pacu. "Kita
langsung engine swap, jeroan mesin di ganti semuanya," senyum Hardy.
Mesin
aslinya berkode D16A berganti dengan B20B dan dipadukan cylinder head
B16A PR3. Girboks manual S4C bawaan Civic berkode bodi EK9 turut
menemani mesin. Selanjutnya hampir seluruh jeroan mesin sudah bukan
bawaan aslinya.
Tercatat yang sudah diisi produk aftermarket meliputi CP piston
84.5 mm dengan kompresi 11,5:1. Begitu juga penerapan throttle body
Edelbrock JG 70 mm yang dipasangkan dengan intake manifold Edelbrock
Victory X sanggup menggelontorkan tenaga ‘badak’.
Sistem
pembuangan ikut dibenahi. Header stainless konfigurasi 4-1 rancangan
Mugen disambungkan dengan pipa pembuangan 2,5 inci yang diakhiri dengan
muffler Spoon Sports.
Hasilnya, walaupun belum diukur melalui
dyno-test diprediksi sanggup menembus 240 dk murni tanpa bantuan doping
turbo atau gas nitrous.
Rencana ke depan, pria yang juga membesut Honda Accord VTI-L
2002 ini berencana mengubah intake throttle body model individual
berikut camshaft racing. Inspirasinya dari modifikator Honda di Amerika
Serikat. Salah satunya metoda tuck wired dimana pada ruang mesin tampak
'bersih' dari kabel-kabel yang berserakan.
"Buat street use aja,
bukan buat drag race atau balap sirkuit," senyum Richard yang berprofesi
sebagai pengusaha showroom mobil di Kemayoran, Jakpus.
Boleh juga!
(mobil.otomotifnet.com)